SEJARAH.
Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang
bernama Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran
resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada
bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet
kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen.
Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai
mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang
kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi
Pursekemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah
terbatas.
Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai
tahun 1975 belum diberi nama. Pada dompet Puchi Purse yang
merupakan produk pertama hanya tertulis kata "Hello!" (tanpa tulisan
"Kitty"). Pada awalnya orang Jepang mengenal karakter Kitty White
sebagai "kucing putih tidak bernama," sampai akhirnya perusahaan
memberi nama "Kitty" yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang
tampil dalam cerita Alice di Negeri Kaca (Through the Looking-Glass)
oleh Lewis Carroll. Pada mulanya Kitty White tidak memiliki nama keluarga
atau nama keluarganya tidak diumumkan, "White" sebagai nama keluarga
baru ditambahkan di kemudian hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan
sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan
berdiri.
Pada tahun 1996, Hello Kitty kembali menjadi populer
secara mendadak di kalangan siswa putri sekolah menengah pertama dan sekolah
menengah berkat penyanyi Jepang yang populer pada saat itu Kahara
Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu acara
televisi.
Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling
rendah di sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang
merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang
masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty
selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap
pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan melakukan
berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat dipertahankan.
Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di
Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga mungkin
saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomi atau
mungkin juga Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya tidak diangkat
oleh media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997, direktur perusahaan
Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat
Kahara Tomomi.
Pada tahun 2004, Kitty menjabat sebagai "teman
khusus anak-anak" di UNICEF hingga tanggal 1
November 2004). Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai
duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America Junior
Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di
Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer di akhir tahun 1990-an berkat
beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang
menggunakan Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi
maskot iklan untuk pasar swalayan Target. Ricky Martin,Cameron
Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy
Moore, Raven-Symoné, hingga Paris Hilton dan Nicky
Hilton semuanya pernah terlihat menggunakan barang-barang Hello Kitty.
Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar berat Hello Kitty hingga salah
satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang dipersembahkan
kepada Hello Kitty.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar